Fabrikasi dalam Konstruksi Baja

Fabrikasi dalam konstruksi baja adalah proses pengolahan komponen material. Baik berupa plat, pipa ataupun baja profil yang dibentuk untuk menghasilkan nilai tambah untuk struktur konstruksi. Berbagai produk, mulai pabrik sampai produk rumahan bisa dihasilkan dari proses fabrikasi, antara lain: Struktur baja untuk bangunan gudang atau pabrik, Ducting – media yang digunakan untuk menyalurkan material halus, Tanki tempat penampungan material cair

Berdasarkan tempatnya, pekerjaan fabrikasi dibagi menjadi dua, yaitu:

Workshop fabrications; adalah pengerjaan fabrikasi yang dilakukan di dalam suatu bangunan atau gedung. Di dalam gedung tersebut sudah disediakan segala macam alat dan mesin-mesin untuk melakukan proses produksi dan proses fabrikasi, seperti mesin las, mesin potong plat, mesin bending, oleh karena itu overhead crane dan lain-lain.

Site fabrications; adalah pengerjaan fabrikasi yang dilakukan di luar bangunan atau gedung workshop atau dikerjakan di area lapangan terbuka. Site fabrications dipakai untuk mengerjakan fabrikasi yang menghasilkan rangkaian struktur konstruksi di bangunan yang akan didirikan. Proses site fabrication di antaranya: Pengiriman bahan material, memotong dan mengebor material. Dan juga proses pengelasan, assembling, finishing, proses sandblast dan painting sampai dengan proses pemasangan konstruksi baja (installation of steel construction).

Fabrikasi dalam konstruksi baja banyak dibutuhkan alat, bahan, dan mesin mesin. Antara lain: Overhead crane, material carriage, instalasi pipa, gas karbondioksida (CO2), acetyline, air compressor, water line, mesin roll, mesin sharing, mesin las, mesin shotblast, mesin pengecatan, produk fabrikasi.

PT. Prima Sasana Adicipta merupakan salah satu Perusahan jasa konstruksi yang mengkhususkan diri dalam layanan dan produk konstruksi sipil berat di industri struktur baja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *