Proses Cut and Fill dalam Konstruksi

Cut and fill adalah suatu proses pengerjaan tanah dimana sejumlah material tanah diambil dari suatu tempat kemudian diurug atau ditimbun di tempat lain.

Cut and fill menjadikan permukaan tanah menjadi lebih rata sehingga memudahkan pekerjaan pembangunan yang akan dilakukan ditanah tersebut dan mencegah terjadinya penurunan permukaan tanah saat proses pembangunan. Hal lainnya ialah menyangga bebatuan di sekelilingnya agar tidak longsor atau amblas serta memberikan akses ke area lain.

Pengaplikasian cut and fill yaitu saat pembukaan lahan baru. Sebelum melakukan kegiatan konstruksi bangunan akan dilakukan proses cut and fill agar sesuai dengan level yang diinginkan. Misalnya pembangunan gedung baru, pembuatan pondasi dan pekerjaan-pekerjaan sipil lainnya.

Pada pekerjaan pembuatan jalan, proses cut and fill dilakukan agar kondisi jalan rata sesuai elevasi dan lebar yang diinginkan. Misalnya pembuatan jalan yang mana harus memotong tebing, atapun memotong level tanah agar sesuai rencana tebal limestone dan beton.

Cut and fill pada pertambangan dilakukan untuk mengambil material alam yang berharga. Kemudian bekas galian akan di urug kembali dengan tanah bebatuan agar dinding tanah tidak ambruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *