Proses Fabrikasi Konstruksi Baja

Proses fabrikasi konstruksi baja merupakan salah satu area penting untuk diperhatikan. Dalam proses fabrikasi material baja yang utuh dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bagian kerangka yang dibutuhkan sesesuai dengan shop drawing.

Berdasarkan proses tahapannya, fabrikasi dimulai dari marking /penandaan. Pada tahapan ini, bahan dasar berupa plat atau profil baja diberi tanda dan digambar sesuai bentuk yang akan dibuat. Proses ini harus dihatikan terutama pada pemberian identifikasi (utamanya untuk lubang baut). Penomoran dan pembuatan garis batas pemotongan. Jika tahapan marking sudah selesai, maka tahap selanjutnya adalah pemotongan. Dimana hasil dari marking dipotong sesuai dengan tanda yang sudah ada pada baja tersebut. Apabila produk yang dibuat membutuhkan beberapa baut sebagai penguat, maka dilakukan drilling atau pengeboran.

Sebelum material-meterial pembentuk dari target produk digabungkan. mereka akan melewati proses penyetelan terlebih dahulu. Gunanya adalah untuk membuat proses perangkaian menjadi lebih baik. Misalnya dengan melakukan las pada bagian kecil dengan maksud agar bagian tersebut terkunci. Hal-hal kecil seperti ini tidak luput dari tahapan penyetelan agar menghasilkan produk baja yang unggul. Setelah bagain-bagian baja lolos standard, maka kini masuk taha pengelasan. Proses ini digunakan untuk menyambungkan dua atau lebih dari material, sebelum tiba pada proses penyelesaian. Tingkat kelayakan dan kualitas produk akan benar-benar diseleksi sebelum digunakan. Proses yang dilakukan pada tahapan pengecekan ini. Pertama adalah pengujian, dimana tahap ini mencangkup proses pengecekan fisik dari produk yang sudah jadi. Kedua adalah pemeriksaan, proses ini dilakukan dengan cara membandingkan dengan produk yang sudah berstandard

Proses sandblasting yaitu proses penyemprotan dengan pressure tinggi menggunakan media pasir silica untuk menghilangkan kotoran, kerak ataupun bercak-bercak yang menempel sehingga pada saat dilakukan painting, cat bisa menyatu dengan kuat pada permukaan material produk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *