Tipe Struktur Bangunan Baja

Dilihat dari struktur dan tipe bangunannya, sektor industri merupakan salah satu pengguna bangunan baja. Hal ini didasari atas kebutuhan ruang bebas yang maksimum dalam setiap kegiatan industri. Untuk itu, penggunaan bentang panjang antarkolom tidak dapat dihindari. Melihat kondisi tersebut, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan bangunan beton bertulang. Mengapa demikian? Jika tetap menggunakan bangunan beton bertulang, maka akan membutuhkan dimensi yang sangat besar dengan kemungkinan lendutan yang besar dan melebihi batas aman.

Sementara itu, bangunan baja yang secara alami memiliki kemampuan tahanan tarik (Tn) yang tinggi sudah tentu sangat cocok digunakan untuk struktur bentang panjang. Secara umum, terdapat 3 (tiga) kategori tipe struktur bangunan baja industrial. Di antaranya adalah (a) portal frame, (b) portal truss, dan (c) space truss.

Pemilihan tipe dan jenis struktur biasanya ditentukan dengan menyesuaikan fungsi bangunan yang diharapkan. Ketika fungsi bangunan telah ditetapkan, maka data mengenai volume, ruang bebas, dan lainnya dapat mengarah pada panjang bentang yang akan diperlukan untuk mengakomodasi tujuan bangunan.

Umumnya, untuk panjang bentang 20-40 meter, biasanya akan menggunakan tipe portal frame. Sementara untuk panjang bentang 40-70 meter, akan menggunakan tipe portal truss. Dan untuk panjang bentang >70 meter, akan menggunakan tipe space truss yang merupakan kombinasi portal frame dan truss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *