Ereksi Baja Struktural dalam Konstruksi

Ereksi baja dalam konstuksi merupakan pekerjaan perakitan komponen-komponen baja menjadi sebuah frame atau kerangka di satu lapangan konstruksi. Jenis aktifitas yang dilakukan pada proses pekerjaan ereksi baja ini adalah pengangkatan (lifting) dan penempatan komponen-komponen baja pada posisinya (sesuai drawing), yang kemudian dilakukan pengkaitan / penyambungan satu komponen dengan yang lain. Penyambungan umumnya dengan cara las (welding) ataupun ikatan baut (bolting)

Urutan ereksi baja dalam konstruksi mempertimbangkan urutan erection tiap komponen struktur baja dan sistem sambungannya. Dalam urutan konstruksi juga sudah terkandung aspek safety yang mengidentifikasi bahaya & resiko serta telah memastikan erection method yang dipilih.

Secara mendasar urutan pekerjaan erection struktur baja terdiri dari empat tugas utama: (1) Memastikan pondasi memadai, aman dan telah siap untuk pekerjaan erection dan install dibagian atasnya. (2) Pengangkatan dan pemasangan (lifting & install) komponen yang dipasang pada posisinya. Secara umum menggunakan alat angkat crane, namun bisa juga jacking, dll. (3) Menyelaraskan (alignment) struktur, terutama dengan memeriksa basis kolom berjajar benar-benar tegak (plumb). (4) Pemasangan dan pengencangan baut untuk mengamankan dan memberikan kekakuan pada frame atau kerangka yang sedang dipasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *