Peletakan Batu Pertama Pembangunan Proyek

Groundbreaking atau peletakan batu pertama, adalah suatu istilah yang tidak asing dalam proyek pembangunan gedung, infrastruktur atau lainnya. itu merupakan acara peresmian sebagai simbol dimulainya suatu proyek pembangunan. Acara peletakan batu pertama biasanya dilakukan pada pembangunan mega proyek sebagai bentuk perayaan dan promosi. Namun seiring waktu, kini acara tersebut diselenggarakan pada proyek pembangunan kecil-menengah juga sebagai bentuk ucapan syukur dan komitmen bersama terhadap pelaksanaan proyek.

Tujuan Acara Peletakan Batu Pertama

Peletakan batu pertama dilakukan sebagai wujud syukur atas pelaksanaan pembangunan proyek. Ini juga merupakan bentuk permulaan kerjasama yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan dan keberhasilan bagi pihak-pihak terkait. Sebuah komitmen kerjasama yang baik di antara pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan. Acara peletakan batu pertama biasanya dihadiri oleh semua pihak yang terlibat dalam proyek. Seperti pihak pemilik proyek, pihak kontraktor pembangun proyek, perwakilan pejabat setempat dan rohaniawan.

Prosesi Peletakan Batu Pertama

Ada banyak cara atau prosesi yang bisa dijadikan simbol peletakan batu pertama.  Acara bisa ditandai dengan mencangkul tanah, lalu pada cangkut tersebut diberi pita. Peletakan batu pertama juga bisa dilakukan dengan meletakkan beberapa batu pada tanah galian.

Baru-baru ini PT. Prima Sasana Adicipta baru saja melakukan prosesi peletakan batu pertama untuk proyek baru di daerah Rengasdengklok, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *