Kontraktor Struktur Bangunan Baja; Portal Truss

Portal Truss adalah sistem struktur portal yang bagian struktur horizontalnya merupakan susunan rangka batang pada satu bidang tunggal. Susunan rangka batang harus mengakomodasi kekakuan dan kekuatan dalam sistem gaya tarik-tekan saja. Rangka batang akan menggunakan susunan konfigurasi segitiga yang secara mekanik dapat memberikan efek kekakuan dan kekangan (penahanan) yang tinggi.

Dengan fenomena mekanik tersebut, dibandingkan dengan sistem portal frame, maka Portal Truss dapat mengurangi efek lendutan pada bentang panjang. Idealisasi dan asumsi pada struktur portal truss menggambarkan bahwa setiap elemen hanya mampu menerima gaya tarik dan tekan saja. Konsekuensinya adalah tipe sambungan pada sistem ini bersifat sendi, dengan kondisi tersebut, maka beban-beban akan terkonsentrasi pada titik-titik buhulnya (simpul).

Karena hanya mempertimbangkan gaya tarik-tekan saja, maka profil yang biasa digunakan pada struktur portal truss ini adalah profil yang “tipis” seperti profil kanal, siku, hollow tubular, dan rectangular.

Setidaknya terdapat 5 (lima) tipe Portal Truss, dii antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pratt Truss
  2. Warren Truss
  3. North-Light Truss
  4. Fink-Truss
  5. Saw-Tooth Truss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *